Liputan Trans7 - Laptop Si Unyil edisi Robot dari Mobil Bekas

Pada tanggal 27 Juni 2009, telah diadakan syuting acara Laptop Si Unyil di P2I LIPI. Materi yang diangkat adalah pembuatan robot dari bahan bekas. Syuting dimulai dari jam 13.30 sampai jam 17.45. Narasumber (Oka Mahendra ) dan robot ”OTO” yang disiapkan sejak 4 hari sebelumnya telah siap sejak pukul 13.00. Hasil syuting ini akan ditayangkan pada hari Selasa, 30 Juni 2009, pukul 13.00 di TRANS7 .

Kru Trans7 datang pada pukul 13.15, yaitu Marliyana Fitriyah (reporter), dibantu Aris sebagai Camera Person, dan Indah. Kru datang dengan 4 orang anak perempuan yang ikut sebagai pemeran dalam acara tersebut.

Skenario yang pertama dilaksanakan adalah keempat anak perempuan bermain balapan mobil-mobilan dari bahan kertas dan kotak mie instant. Selanjutnya mereka beristirahat dan menemukan kue dan minuman di meja. Karena kecapekan, mereka kemudian mengambil makanan tersebut. Mereka tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan terlihat oleh sebuah mobil-mobilan kecil yang berkamera. Seseorang (Oka Mahendra ) sedang mengamati mereka menikmati makanan dari jarak jauh melalui laptopnya, anak-anak pun ditegur oleh Oka dan ditunjukkan bahwa mobil-mobilan kecil berkamera tersebut dapat melihat mereka makan dan mobil itu dinamakan robot ”OTO”.Image

Anak-anak bersama Oka kemudian mencoba memainkan robot ”OTO” dan syuting kemudian dilanjutkan dengan membahas cara pembuatan mobil berkamera tersebut.

Pembuatan mobil berkamera tersebut adalah cukup unik, karena menggunakan beberapa komponen bekas dari mobil mainan yang sudah rusak. Mobil mainan remote yang sudah rusak dan lepas rodanya tetapi komponen elektronikanya masih bagus, dapat digabungkan dengan mobil mainan lain yang komponen elektronikanya rusak, tetapi secara mekanik masih bagus.

ImageSistem elektronika robot ”OTO” terdiri dari 6 buah board yaitu: penggerak roda, penggerak kamera, suara klakson, lampu, power supply motor, dan power supply kamera. Sistem mekanik robot terdiri dari 2 buah bagian besar, yaitu bagian penggerak roda dan penggerak kamera. Sistem programming terlihat dari pengendali yang semula berupa remote kontrol, digantikan dengan laptop. Dengan Mikrokontroler ATMega32, remote kontrol dihubungkan dengan laptop melalui USB to Serial Adapter. Gambar pada kamera dapat dilihat pada laptop dengan TV Tunner.

0 Response to "Liputan Trans7 - Laptop Si Unyil edisi Robot dari Mobil Bekas"

Posting Komentar

Powered by Blogger